Jumat, 06 Juni 2014

Pola Hidup Yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

guys.. tahu ngak bahwa otak kita terdiri dari 100 miliar sel syaraf, masing- masing terkait dengan 10 ribu syaraf lainnya.  betapa istimewanya kita sebagai ciptaan  tuhan . maka dari itu kita wajib memelihara nya supaya otak berfungsi semaksimal mungkin, mamun kebiasaan harian kita terkadang mengakibatkan sistem kinerja otak menurun... maka dari itu saya kasih tips nih kepada kalian  supaya fungsi otak berfungsi secara maksimal yang dapat mengoptimalkan aktivitas kita.

1. Hindari Merokok 
sudah tidak asing lagi bahwasannya rokok itu berbahaya, sering kita jumpai terutama pria rokok berperan penting dalam keseharian nya, contoh ketika nongkrong, istirahat kerja, sesudah makan dan semua aktifitasnya selalu di dampingi dengan rokok.Zat-zat kimia beracun dalam rokok yang terhisap, misalnya karbon monoksida, akan menghalangi kemampuan darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak, mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Nikotin juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah. Akibatnya, transportasi lemak terganggu hingga menyumbat pembuluh darah dan menghalangi transportasi oksigen dan nutrisi ke otak. Merokok juga dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer dan stroke.

2.Sarapan Pagi
Sarapan pagi memungkinkan otak mendapatkan asupan nutrisi yang memadai setelah hampir berpuasa (saat tidur) selama 7-8 jam. Mereka yang terbiasa tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah. Akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Otak juga butuh “makan” agar dapat bekerja optimal.

3.Membaca Buku
Organ Otak Tetap Aktif Dan Tajam. Dengan rutin membaca buku setiap hari, maka secara otomatis dapat mengolahragakan otak anda. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Robert S. Wilson Ph.D., "Menjadikan membaca buku sebagai hobi dari usia anak-anak hingga usia tua, bermanfaat besar untuk kesehatan otak di usia tua nantinya". 

4.Perbanyak Komunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu optimalnya fungsi kerja otak. Jarang berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.

5.Tidur Cukup
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Bahkan Beberapa penelitian telah menemukan, ketika kita tidur siang, otak kanan lebih aktif daripada otak kiri.

Fakta bahwa 95% populasi dunia adalah pengguna tangan kanan, yang berarti otak kiri bekerja lebih dominan, akan tetapi otak kanan lah yang bekerja pada saat tidur.

Jadi, ketika otak kiri kita beristirahat selama tidur, otak kanan kita membersihkan informasi sementara, menyimpan informasi pada penyimpanan jangka panjang, dan memantapkan ingatan yang didapat selama hari ini..

6.Konsumsi Magnesium dan Kalium
kalium dan magnesium yang berfungsi untuk transmisi saraf di tubuh serta otak anda. makanan yang paling banyak mengandung magnesium dan kalium  adalah pisang. buah yang banyak di gemari banyak orang. bagi anda yang hoby makan pisang,.. lanjutkan...

7. Perbanyak Omega 3
omega 3 bisa anda dapatkan melalui konsumsi rutin ikan salmon, kacang kenari, tuna, kedelai, alpukat, bayam dan masih banyak lagi.
Omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak karena berperan penting dalam perkembangan membran sel pada sistem neurologis di dalam otak. Selain itu Omega-3 dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar